Posted by : Unknown Minggu, 26 Januari 2014

KENAKALAN REMAJA

Akhir-akhir ini banyak  kasus yang melibatkan para anak remaja.
Banyak remaja yang sering terjerumus ke dalam lubang kemaksiatan, banyak faktor yang mempengaruhi perilaku remaja pada saat ini, seperti :
  • Lingkungan pergaulan yang kurang baik
Di kalangan anak remaja sering kali diliputi rasa untuk saling berkumpul dan berinteraksi dengan teman terdekat. Namun, anak remaja banyak yang salah dalam memilih teman dalam bergaul. Hal ini dikarenakkan usia mereka yang masih dini dan juga masih labil, kebanyakan belum tahu jika teman yang dipilihnya itu tidak baik untuk masa depannya. Sehingga banyak dari kalangan remaja berbuat sesuatu yang sangat merugikan dirinya karena ajakan dari temannya tersebut. Oleh karena itu sebaiknya para remaja lebih selektif dalam memilih teman. Bukannya kita mau sok memilih-milih teman, tetapi lebih baik kita hati-hati dalam mencari teman. Dari pada kita harus terjerumus ke dalam hal yang negatif dan merugikkan kita, lebih baik kan cari teman yang dapat memberikkan nilai positif bagi kita. :-) ^_^
  • Kurangnya perhatian dari orang tua 
Kondisi di dalam keluarga sangat mempengaruhi keadaan dalam diri anak, sering kali orang tua tidak atau kurang memberikan kasih sayang kepada anaknya. Mungkin karena sibuk ataupun masalah lainnya. Orang tua harus bisa memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak, karena hal ini membuat anak menjadi nyaman dan merasa diperhatikan . Jadi, para orang tua tidak boleh mengabaikkan anaknya, sampai-sampai menelantarkan anaknya. Ini, sangat berpengaruh pada kondisi jiwa sang anak. Sebaiknya orang tua harus bisa memberikan waktu lebih untuk bersama anaknya dan memberi kasih sayang yang lebih untuk anaknya. Okee. :)
  • Rasa ingin tahu yang tinggi
Di masa-masa remaja, mereka memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Sering kali anak remaja ingin terus mencoba hal yang baru, namun mereka tidak mengetahui apa dampak baik dan buruknya hal yang ingin mereka coba itu. Banyak remaja tidak berfikir dua kali untuk melakukannya dan menghiraukan dampak yang terjadi apabila mereka mencobanya. Sebaiknya anak remaja mencari tahu apa dampak-dampak yang timbul jika mereka berbuat hal tersebut sebelum melakkukannya. Dan jangan sekali kali mencoba hal yang tidak kita ketahui dampaknya. Kalau iya dampak positif yang kita dapat, kalau negatif ????? Oleh karena itu, sebaiknya lebih berhati-hati aja. Okeee..

Contoh kenakalan remaja :
  1. Seks bebas
  2. Menggunakan obat-obat terlarang
  3. Tawuran

Cara menanggulangi kenakalan remaja :
  1. Tingkatkan iman
  2. Jauhkan dari hal-hal yang dapat membuat kenakalan remaja
  3. Sering sharing dengan teman atau orang yang dapat membantu memecahkan masalah kita
 Itu aja dulu ya, ada kurang lebih mohon dimaklumi.. :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Like

Twitter

Popular Post

- Copyright © Namuza -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Naufal Mezaki -